Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini

Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini

Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini – Google baru saja resmi mengganti nama chatbot AI Bard-nya menjadi Gemini. Apa alasan perubahan nama ini? Bard sendiri merupakan AI chat berkemampuan kecerdasan buatan (AI) generatif yang dirilis Google pada tahun 2023.

 

Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini

Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini

gramorokkaz – Artinya AI chat ini dapat menghasilkan teks yang koheren, relevan, dan menarik berdasarkan masukan pengguna atau berupa kata kunci, pertanyaan, atau topik . Google Bard juga dapat menyesuaikan gaya, nada, dan konteks bahasa sesuai dengan tujuan pengguna dan audiens.

Namun raksasa mesin pencari itu memutuskan mengganti nama menjadi Bard Gemini pada 8 Februari 2024 waktu setempat. Dikembangkan oleh peneliti AI Google, DeepMind dan Google Research, Gemini disebut-sebut sebagai model AI terbesar dan paling fleksibel hingga saat ini.

Mengapa Google mengubah nama menjadi Bard Gemini? Mengutip ZDNet, Jumat (2/9/2024), berpindah dari Bard ke Gemini berarti menyederhanakan segalanya. CEO Google Sundar Pichai mengungkapkannya langsung di blog perusahaan.

Gemini didukung oleh model AI Gemini Pro 1.0 dan tersedia dalam 40 bahasa di lebih dari 230 negara. Model ini dikatakan lebih akurat, responsif, dan natural saat berinteraksi dengan pengguna. Selain mengakses Google Gemini melalui browser desktop atau laptop, pengguna juga dapat mengaksesnya melalui perangkat selulernya yaitu iOS dan Android.

Gemini Advanced Harga

Google juga ingin menawarkan layanan Gemini Advanced berbayar yang mendukung model Gemini Ultra 1.0 AI. Model ini dikatakan lebih kuat, lebih dalam, dan lebih kreatif dalam berbagai tugas. Google menjelaskan Gemini Advanced didukung model Gemini Ultra 1.0 yang tersedia di lebih dari 150 negara dan dapat digunakan gratis selama 2 bulan.

Setelah periode gratis berakhir, paket Google One AI Premium akan dikenakan biaya USD 20 atau sekitar Rp 313 ribu. Paket ini dikatakan mencakup penyimpanan 2TB dan Anda bisa mendapatkan beberapa fitur Google One Premium lainnya.

Perusahaan mengatakan akan segera memperkenalkan Gemini ke Gmail, Google Docs, dan layanan lainnya. Dengan mengganti nama menjadi Bard Gemini, Google sepertinya ingin memperjelas niatnya untuk menantang popularitas OpenAI ChatGPT. dan kamu Tertarik mencoba Gemini atau masih setia dengan Bard atau ChatGPT?

Mengutip The Verge, Google juga mengumumkan pada Jumat (2 September 2024) bahwa model AI terkuat milik perusahaan, Gemini Ultra 1.0, akan dirilis ke publik. Saat ini, Gemini gratis untuk semua pengguna. Namun, perusahaan menawarkan solusi Tingkat 2 yang disebut Gemini Advanced.

Google menjelaskan bahwa Gemini Advanced mendukung Gemini Ultra 1.0 yang tersedia di lebih dari 150 negara dan dapat digunakan gratis selama 2 bulan. Setelah masa gratis, pengguna harus membayar 20 USD atau sekitar Rp 313 ribu untuk paket premium Google One AI.

 

Baca juga : Alat Pemasaran Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Bisnis

 

Mengintegrasikan Asisten Google dengan Bard

Selain itu, Google sedang mengembangkan Google Bard dan menyempurnakan fitur-fiturnya. Kehadiran Google Bard bertujuan untuk menyaingi layanan ChatGPT Generative AI milik OpenAI. Beberapa waktu lalu, Google mengungkapkan akan mengintegrasikan Google Assistant dengan Android Bard.

Produk hasil integrasi keduanya belum diumumkan, namun sudah ada bocoran dan gambar seperti apa tampilan Google Assistant terintegrasi Bard di Android. Dikutip dari Android Authority, pengembang Dylan Roussel membagikan beberapa tangkapan layar integrasi keduanya melalui akun Twitter alias X miliknya pada Selasa (1 September 2023).

Asisten Google dengan dukungan Bard memberi tahu pengguna bahwa Bard juga dapat membantu mereka melakukan tugas umum yang biasanya dilakukan Asisten Google.

Bard di Google Assistant

Tangkapan layar yang bocor menunjukkan bagaimana Asisten Google dengan Bard dapat terhubung dengan aplikasi Google untuk meningkatkan ekosistem Google. Pengguna Bard juga memerlukan izin pengguna untuk menggunakan data mereka guna meningkatkan fitur Bard.

Tangkapan layar yang dibagikan juga menunjukkan bahwa antarmuka dapat diminimalkan saat memanggil Asisten Google melalui Google Bard, dan pengguna dapat menggunakannya untuk tema terang dan gelap. Jika pengguna memperluas layar aplikasi ke ruang penuh menggunakan panah kanan di jendela pop-up, pengguna dapat menikmati tampilan tanpa gangguan di ruang penuh.

 

Baca juga : Marc Newson and Swarovski Optik Create AI Binoculars

 

Gemini Chatbot tersedia di web dan aplikasi

Paket ini mencakup penyimpanan 2 TB dan beberapa fitur Google One Premium lainnya. Perusahaan mengatakan akan segera meluncurkan Gemini untuk Gmail, Google Docs dan layanan lainnya.

Untuk aplikasi Gemini, pengguna seluler dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store atau Apple App Store. Di Android, Gemini menggantikan Asisten Google. Anda hanya perlu mengaktifkannya dengan cara yang sama dengan mengucapkan “Hai Google”; atau tekan tombol daya. Caption dapat digunakan untuk meringkas artikel yang sedang Anda baca atau membuat caption untuk sebuah foto.

Menggunakan Gemini AI dengan Bard AI:

  • Kunjungi situs web Gemini AI (https://gemini.google.com/app) Masuk dengan akun Google Anda.
  • Ajukan pertanyaan Anda atau pesan.
  • Nanti Google Gemini akan membalas Anda dengan Gemini Pro.

melalui Google Pixel 8:

  • Ambil “Jawaban Cerdas” dalam pengaturan pengembang.
  • Buka obrolan seperti WhatsApp.
  • Saat Anda menerima pesan, Gboard menampilkan saran balasan cerdas dari Gemini Nano.
  • Melalui Google Pixel 8 (Offline):
  • Pastikan Anda telah mengaktifkan “AiCore Persistentandquot; dalam pengaturan pengembang.
    Buka obrolan seperti WhatsApp.
  • Gemini Nano akan terus berfungsi meskipun perangkat Anda tidak terhubung ke Internet.

Melalui layanan Google lainnya (akan hadir):

Gemini AI dibuat untuk digunakan di beberapa layanan Google lainnya, seperti Google Meet, Google Docs, dan Gmail. Fitur peningkatan AI Gemini baru juga akan dikembangkan dan dirilis di masa mendatang.

Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini – Google baru saja resmi mengganti nama chatbot AI Bard-nya menjadi Gemini. Apa alasan perubahan nama ini? Bard sendiri merupakan AI chat berkemampuan kecerdasan buatan (AI) generatif yang dirilis Google pada tahun 2023.   Google AI Bard Ganti Nama Menjadi Gemini gramorokkaz – Artinya AI chat ini dapat…